Dapet Ilham Pagi – Pagi

25 08 2010

Pagi td gw dapet pikiran dadakan..
Jadi gini, sholat itu klo dipikir2 ya bisa jadi beban bisa juga jadi nikmat, tergantung sama kitanya sendiri (salah satu faktornya). Klo kita anggep jd beban, sholat itu bakal beneran jadi beban.. Misal, adzan ashar berkumandang pas gw baruuu aja mau tidur siang.. Karena gw ngerasa adzannya ngganggu momen2 istirahat gw, ahirnya gw nganggep shalat jd sesuatu yg membebani. Ahirnya, ditunda-tundalah shalat itu, dan menjadi beban fikiran lah shalat itu, dan ahirnya secara tidak langsung gw nganggep shalat jd beban. Pada ahirnya shalat itu bakal bener-bener jd beban waktu masa tenggang solat uda tinggal 5 menit lg, dan gw belom shalat, plus lg klo solatny ketinggalan, makin beban pikiran n dosa dh..

Sedangkan kalo sholat itu kita anggep jd sesuatu yg menyenangkan, kebutuhan rohani dan kebutuhan kita sbg umat, njalanin shalat jg jd sesuatu yg menenangkan. Misal, adzan ashar berkumandang pas gw baruuu aja mau tidur siang.. Trus karena gw begitu rindu membutuhkan sholat, ahirnya gw langsung beranjak menjalankan solat berjama’ah. Setelah itu, gw bakal merasa tenang karena kewajiban tlah terlaksana, dan hati jg jd seneng karena kebutuhan gw tlah terpenuhi. Selain itu ada juga manfaat bombastis lainnya. Jadi karena kita jalanin sholatnya dengan ikhlas, niat kita jg jd makin ikhlas, sehingga kualitas dan kekhusyukkan shalat kita jg kemungkinan besar akan meningkat. Kualitas shalat yg baik itu akan memberikan hasil setelah shalat yg lebih baik, dan kalo menurut ustadz lulusan teknik nuklir yang pernah ceramah di mesjid komplek gw, mungkin kita juga bisa dapat pahala yg lebih banyak! karena apa? Karena pahala orang shalat berjama’ah itu kan 27 kali lipat ya. 27 kali lipat itu kira2 apa ya multipliernya? Naah, kalo kata beliau, mungkin salah satu multipliernya adalah kualitas shalatnya. Jd kalo orang misalnya kualitasnya 10/10, maka pahalanya dptnya bukan 10, tp dikali 27, jadi 270! Tapi kalo kualitasnya 0, mau dikali berapa jg hasilnya 0. Ya tapi itu cuma hipotesis beliau lah. Yang tau pahala kita kan cuma Allah. Allah hu a’lam.

Hmm.. Hmm.. Jadi kira2 inilah yg pikiran yg saya dapet pagi ini.. Gimana menurut saidara-saudaro? 😀

Arief Dwi Putranto @ariefdephee.wordpress.com

Posted with WordPress for BlackBerry.


Actions

Information

3 responses

25 08 2010
Topan

bner bgt tuh saudara Pe.
Lagian sekarang bulan puasa jg, gk ada alasen lg tuk lewat sholat. Biasanya solat sbuh qt lewat krna tdur, tp skrng qt hrus bangun sahur jg.
Mlm pun harus tarawih, jd bner2 gk da alesan.
Keep bloging.hehe…
Tambah terus postingannya…

25 08 2010
ariefdephee

Hmm, jd klo ga sahur ada alesan buat ga subuh nih? Hahaha
Siip2, lo juga pan, posting lagi doong! Masa kalah gini ama gw?? Hahahaha

26 09 2010
Dimas Kusuma

Sangat filosofis sekali tulisan dik arief ini. segala sesuatu berdasar niatnya, itulah kira2 kuncinya. Sholat tidak hanya perbuatan jasad, namun terpenting adalah ruhnya. Kalo sedang malas, terkadang sholat tidak bermakna siknifikan dalam arti pengennya cepat kelar dan nggak konsen. hal ini karena ruh kita tidak melakukan aktivitas sholat seperti halnya pekerjaan jasad. Karenanya kawan semua marilah kita perkuat ruh kita agar terus istiqomah…….

Tetap semangat adik2 ku semua…..

Leave a comment